Pengertian Struktur Blog
Blog adalah website media online yang berisi konten dalam bentuk artikel, gambar, video, atau suara yang dikelola oleh seorang blogger atau beberapa penulis yang menjadi satu. Topik yang ditulis dalam blog biasanya berfokus pada satu bidang tertentu missal food, lifestyle, kesehatan, teknologi, asmara, dan sebagainya.
Selain dikekola oleh perseorangan, blog juga biasanya digunakan untuk bisnis atau branding. Ada banyak manfaat blog untuk bisnis yang tentunya menguntungkan.
Misal saja sebagai branding, publikasi, marketing, dan iklan. Inilah sebabnya lebih dari 50% pemilik bisnis memprioritaskan pembuatan blog untuk strategi marketing.
Lalu, apa perbedaan blog dan website? Bukankah sama saja?
Tentu tidak. Website adalah kumpulan halaman online yang dapat diakses menggunakan internet menggunakan domain tertentu dan berisi suatu informasi mengenai produk atau layanan. Biasanya website digunakan untuk keperluan sekolah, e-commerce, lembaga, organisasi, dan lain sebagainya.
Struktur blog
Saking banyaknya blog yang ada di internet, blog memiliki tampilan dan struktur yang cukup beragam. Namun umumnya struktur blog terdiri dari beberapa struktur seperti berikut :
1. Header
Yaitu bagian atas yang berisi judul blog, deskripsi, dan menu blog.
2. Navbar
Yaitu elemen yang biasa untuk membantu pengunjung memilih dan menjelajahi konten blog
3. Sidebar
Yaitu sisi samping blog yang biasanya berisi beberapa artikel teratas paling banyak dibaca, widget, iklan, dan informasi tambahan lain
4. Main blog
Yaitu bagian dimana postingan berada. Pada main blog terdiri atas judul, tanggal konten di upload, nama penulis, kolom komentar, dan sejenisnya.
5. Footer
Bagian bawah blog yang berisikan informasi penulis, kontak, sosial media, dan form subscription.
Sedangkan blog adalah jenis website yang berisi konten artikel berupa tulisan opini, informasi, dan pengalaman. Blog sifatnya dinamis dan konten yang ada bisa di upload dan di update secara berkala. Serta blog biasanya digunakan untuk bisnis, perusahaan, promosi, strategi pemasaran, atau sekedar sharing saja.
Komentar
Posting Komentar